Minat Baca Masyarakat Trenggalek Mulai Meningkat

Buku adalah jendela dunia, ungkapan ini sangatlah tepat untuk menggambarkan pentingnya buku sebagai salah satu sumber ilmu dan pengetahuan. Namun apajadinya jika buku hanya dijadikan sebagai hiasan atau bahkan sandaran untuk tidur tanpa dibaca dan dipahami maknanya. Tentu saja jendela itu akan terus tertutup tanpa diketahui dunia yang ada di luarnya. Membaca adalah salah satu langkah terpenting untuk mencerdaskan masyarakat. Tujuan inilah yang dibidik oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek melalui Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) yang berlokasi di Jl. Yos Sudarso Nomor 14 Trenggalek. Selain itu, hal ini juga selaras dengan salah satu visi misi Pemkab Trenggalek di bawah pemerintahan Mulyadi-Kholiq dalam meningkatkan Pelayanan Publik, karena perpustakaan juga salah satu unit pelayanan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Usaha keras untuk meningkatkan minat membaca yang dilakukan KPAD selama tahun 2011 ini tergolong berhasil.Salah satu indikatornya menurut Kepala KPAD  Kabupaten Trenggalek, Drs. Mufti Ahmadi saat diwawancari di kantornya, Rabu 15 Juni 2011 menyatakan bahwa saat ini rata-rata pengunjung perpustakaan mencapai 90 -100 orang per hari. “Jumlah ini meningkat 2 kali lipat dari tahun 2010 yang rata-rata hanya 40-50 orang per hari”,ungkapnya. Keberhasilan ini, lanjut Mufti Ahmadi disebabkan oleh beberapa terobosan yang telah diterapkannya di KPAD.Salah satunya adalah pengadaan beberapa perangkat komputer beserta internet yang dapat digunakan oleh pengunjung. Selain itu juga disebabkan dengan dibukannya KPAD pada hari sabtu yang sebelumnya libur. Saat ini perpustakaan buka untuk hari Senin-Jumat pukul 07.00 hingga 17.00, sedangkan untuk Hari Sabtu mulai pukul 08.00-13.00.

Untuk lebih mempermudah pengunjung, perpustakaan yang berada tepat di sebelah timur Kantor Kecamatan Trenggalek ini juga tengah mengembangkan elektronik library bekerja sama dengan ITS Surabaya yang saat ini sudah selesai sekitar 90%. Jika elektronik library sudah dapat digunakan, banyak manfaat yang dapat digunakan pengunjung, antara lain: pengunjung yang ingin mengetahui buku apa aja yang terdapat di perpustakaan tinggal melihat di halaman web KPAD. Selain itu, bisa melalui SMS dengan mengirimkan judul dan pengarang buku yang diinginkan. “Nantinya SMS akan dijawab oleh mesin pencari secara otomatis yang aktif selama 24 jam”, tuturnya. Usaha lain yang dilakukan oleh KPAD adalah terkait dengan pengadaan buku. Jika sebelumnya pengadaan buku hanya didasarkan oleh keputusan KPAD saja, saat ini lebih condong ke permintaan para pengunjung. “Jadi kami telah menyebarkan angket kepada para pengunjung, buku apa yang diinginkan dan belum ditemukan di KPAD. Angket inilah yang menjadi dasar dalam pengadaan buku”, kata Mufti Ahmadi. Saat ini buku yang terdapat di KPAD mencapai 12.300 bukudengan sekitar 4000 judul dari semua disiplin ilmu.

This slideshow requires JavaScript.

Semua buku ini dapat dipinjam secara gratis namun hanya bagi pengunjung yang telah mempunyai Kartu Anggota. Untuk pembuatan Kartu Anggota pun sangatlah mudah, pengunjung hanya diwajibkan membawa biodata dan pas foto tanpa dikenakan biaya apapun.  Selain di bidang perpustakaan, kantor ini juga membidangi 2 kegiatan lainnya,   yaitu arsip daerah dan dokumentasi. Lebih lanjut dijelaskan oleh Mufti Ahmadi bahwa untuk kegitan arsip daerah, KPAD nantinya direncanakan akan menjadi pusat data dari seluruh SKPD di Kabupaten Trenggalek. “Jadi jika ada data yang dibutuhkan bisa dengan cepat dicari karena telah diverifikasi oleh petugas yang ada di KPAD”, tuturnya. Sedangkan untuk bidang dokumentasi, KPAD akan berupaya menyimpan back up dokumentasi (audio maupun  visual) kegiatan-kegiatan Pemerintah Kabupaten Trenggalek. [okt/ys]

Di kutip dari http://humasprotokol.trenggalekkab.go.id/2011/06/minat-baca-masyarakat-trenggalek-mulai.html

About these ads

Tinggalkan Balasan Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: