SEKILAS INTERNET DI KECAMATAN PULE KABUPATEN TRENGGALEK

Trenggalek, Internet adalah media informasi yang saat ini menjadi media penulusuran informasi di belahan dunia manapun. Setiap detik informasi yang disajikan untuk masyarakat dan pengguna internet selalu berganti dengan hal-hal baru. Memang dunia internet banyak terdapat hal-hal negatif akan tetapi banyak juga hal positif dan kegunaan sarana tersebut. Tinggal bagaimana pengguna internet menggunakan sarana penelusuran tersebut.

Kebutuhan akan internet saat ini dirasa sangat penting bagi masyarakat, pengusaha, warung internet,  pelajar, mahasiswa, instansi pemerintahan dll. Sedangkan untuk pengguna internet di perdesaan belum terpenuhi. Hal tersebut dikarenakan masih mahalnya harga langgan internet dari ISP yang masuk desa, itupun belum mampu menembus pelosok desa, untuk saat ini hanya ISP selulerlah yang berhasil menjadi ISP hingga mampu menjangkau pelosok desa, karena kebutuhan sarana informasi tersebut mau tidak mau pengguna internet di pelosok desa yang mulai berkembang memlilih menggunakan layanan yang bisa diakses dari tempat mereka.

Kapan Internet Masuk Desa Mampu Memenuhi Pengguna di daerah perdesaan?

 

Hotspot

Hotspot adalah layanan akses Internet wireless dengan menggunakan teknologi WiFi dari keluarga standard IEEE 802.11, yang disediakan di tempat-tempat umum, seperti mall, kampus, hotel, tempat keramaian, dan lain-lain. (http://telkomspeedy.com/telkom-hotspot)

Layanan internet dengan menggunakan hotspot dari ISP Local dengan server di daerah Kota Trenggalek yang sudah terjangkau internet via kabel ADSL dan di ubah sistemnya melalui nir kabel dengan sistem point to point atau repeater untuk sampai di daerah Desa Kecamatan Pule. Hal tersebut dikarenakan untuk daerah Desa Pule sendiri tidak adanya fasilitas internet via kabel ADSL (line telepon) dari Speedy meskipun line telepon sudah masuk desa belasan tahun yang lalu. Hotspot tersebut juga belum mampu mencapai daerah yang berada di pelosok desa, Model layanan tersebut diperuntukkan bagi semua masyarakat yang mau berlangganan dan terjangkau signal hotspot, dengan tarif kisaran harga langgan Rp. 100 ribu/bulan dengan Banwich bisa disebut asal bisa browsing dan sabar menunggu.

Pusat internet Kecamatan yang ada ternyata juga tidak beroperasi maksimal. Adapun sarana  penelusuran informasi melalui internet saat ini sangatlah penting. Berbagai penelusuran informasi ataupun transfer data saat ini sudah mulai dipergunakan oleh sekolah-sekolah dari tingkat Dasar sampai tingkat atas dan instansi Pemerintahan secara online. Belum lagi jika suatu saat berdiri perpustakaan sekolah ataupun perpustakaan yang lain, maka sarana penelusuran secara online pun harus ada di dalam tugas perpustakaan sebagai sarana informasi, memenuhi kebutuhan penggunanya dan melakukan otomasi.

Untuk meningkatkan kwalitas SDM masyarakat desa agar tidak ketinggalan informasi dengan adanya internet maka masyarakat desapun tidak kalah dengan masyarakat perkotaan dalam bidang informasi.

Salam ADMIN

Tinggalkan Balasan Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: